Kamis, 01 Februari 2018 - 14:16:47 WIB
Pisang Goreng Naik Kasta
Author : Adek Rudi Hidayat
Kategori: Food - [ 28445 ]


RAnews.tv-Banana ooh n-ana! Hayo siapa yang baca itu sambil nyanyi ala lagunya Havana dari penyanyi cantik Camila Cabella. Memang mirip ya. Tapi kali ini kita nggak bahas soal Havana. Melainkan Banana, si buah pisang yang manis-manis manja menggoda.

Olahan pisang yang paling populer di Indonesia salah satunya adalah pisang goreng. Di mana pisang dibentuk seperti kipas. Kemudian dicelup ke tepung dan digoreng. Tapi itu dulu Ladies. Kini, ada jenis pisang goreng jaman now yang lebih menarik dan memiliki rasa yang naik kasta.

Pisang goreng nugget. Sebagian dari kita tentu sudah akrab bahkan sering menyicip olahan pisang supernikmat ini. Beda dengan pisang goreng jaman old, pisang goreng nugget memiliki bentuk yang lebih kecil dengan variasi toping di bagian atasnya.

Salah satu wanita muda pemiliki outlet pisang goreng nugget yang digemari di Pekanbaru, Lisya mengaku trend kuliner satu ini sudah berkembang sejak tahun lalu. “Kalau di Jakarta, pisang goreng nugget sudah populer lebih dulu. Karena belum ada di Pekanbaru waktu itu, jadi saya coba buka bisnis ini di sini. Hasilnya lumayan. Banyak sekali penggemar pisang yang penasaran ingin mencicipi kelezatan pisang goreng nugget," ujarnya.

Dari namanya, pisang goreng nugget memang memiliki rupa menyerupai chicken nugget. Petak dan kecil. Pastinya berlumur tepung panir dan lembut di dalam. Agar banana-nya nendang banget, Lisya mengaku nggak menambahkan tepung dalam adonan nugget.

"Kalau chicken nugget biasanya ditambah tepung, telur dan wortel yang dilembutkan bersama ayam, baru kemudian dikukus. Tapi kalau pisang goreng nugget yang saya buat, hanya mengandalkan pisang saja. Tanpa campuran tepung ataupun telur. Jadi rasa pisangnya sangat kuat dan manisnya alami," sambung Lisya.

Pemilihan pisangnya sendiri nggak sembarangan Ladies. Lisya mengaku dia lebih cocok dengan jenis pisang uli. Karena tekturnya yang nggak terlalu lembek dan manisnya yang pas. Ukuran pisang uli juga cocok jika dipotong menyerupai nugget.

Tingkat kematangan dan ukuran juga nggak bisa diabaikan. Pisang harus pas matangnya dan ukurannya sesuai standar. Karena jika pisang terlalu matang, hasil akhirnya akan memiliki warna gelap yang nggak menggugah selera.

Nah, jika pisang sudah didapat, tinggal potong seperti nugget. Lalu dicelupkan ke tepung basah dan  tepung panir. Eits, jangan langsung digoreng. Biar hasilnya lebih mirip nugget dan tepungnya tetap menempel, let it freeze!

"Kalau langsung digoreng sebenarnya bisa saja. Tapi hasilnya kurang bagus. Tepung nggak nempel maksimal. Karena itu biasanya saja biarkan dulu di dalam freezer beberapa waktu. Biasanya seharian bahkan lebih," jelasnya.

Jika sudah benar-benar menempel karena proses pembekuan, si pisang nugget siap nyemplung ke minyak panas. Teknik penggorengannya juga nggak asal. Minyak harus benar-benar panas agar si pisang nggak oily saat akan dimakan.

Saat sudah matang dan ditiriskan, waktunya sipisang nugget bertemu dengan toping manis nan yummi. Ladies bisa memilih aneka topping sesuai selera. Mulai dari cokelat, keju, avocado, tiramisu, green tea, milo, oreo, nutella dan topping lainnya.

Karena semuanya sama-sama enak, Ladies pasti bakalan bingung banget nentuinnya. Tapi, menurut Lisya, sejauh ini topping green tea dan tiramisu yang jadi primadona di outlate miliknya. Melting-nya topping green tea terasa pecah banget di mulut. Ditambah perpaduan pisang goreng nugget yang krenyes-krenyes garing. Begh, sekotak mah buat sendiri.

Yup. Kalau berencana icip-icip banana nugget ini, pastikan kamu nggak lagi dalam program diet ya. Sebab, dijamin ini bakal bikin diet rusak karena rasanya yang terlalu enak. Soal harga, pastinya si pisang goreng yang sudah naik kasta ini lebih mahal dibanding pisang goreng pada umumnya. Tapi, worth it lah dengan sensasi rasanya yang memanjakan lidah.

"Perkotaknya kita jual mulai dari Rp20 ribu. Isinya sekitar 16 potong," kata Lisya.

Kalau Ladies ingin mencampur toping dalam satu kotak, bisa banget! Kamu bisa request ingin rasa apa saja. Yang pasti, harus siap rogoh kocek lebih dalam ya jika ingin membeli banyak rasa sekaligus.

Gimana Ladies? Kapan nih mau coba pisang nugget dengan topping mewah? Ini pas sekali lho kamu nikmatin sendiri ataupun bareng keluarga di sore hari. Karena sudah manis, pilihlah minuman tawar agar nggak cepay eneg ya. Seperti lemon tea ataupun teh tawar hangat. Jika semua sudah tersaji di depan mata, saatnya menikmati kenikmatan sederhana dari olahan pisang yang naik kasta.

Sumber: Riaupos.co


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)