Sabtu, 20 Januari 2018 - 18:02:19 WIB
Pemprov Riau dan BI Siapkan Strategi Kendalikan Inflasi 2018
Author : M. Arpoda Nafiz Tampubolon
Kategori: Riau - [ 3042 ]


PEKANBARU,RANEWS.TV - Pemerintah Provinsi Riau bersama Bank Indonesia (BI) menggelar rapat koordinasi guna mengendalikan inflasi tahun 2018, Jumat (19/1/2018). 

Acara yang digelar di gedung Bank Indonesia ini merupakan pertemuan tingkat tinggi (high level meeting) antara pimpinan lembaga yang tergabung dalam Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Riau Siti Astiyah, mengatakan ada beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut.

"Ada beberapa hal yang kita bahas tadi. Seperti bagaimana perkembangan inflasi di tahun 2017, lalu membahas proyeksi inflasi di tahun 2018, peran TPID dalam hal pengendalian inflasi serta membahas koordinasi dalam hal pengendalian inflasi," ujar Siti Astiyah, Jumat (19/1/2018).

Ia mengatakan dalam acara tersebut, telah dibahas beberapa kebijakan untuk menjaga stabilitas pangan di Riau untuk tahun 2018.

"Ada beberapa kebijakan yang sudah disetujui. Salah satunya adalah melakukan perdagangan antar daerah. Perdagangan antar daerah ini bukan hanya antara provinsi dengan provinsi, namun bisa juga kabupaten dengan kabupaten ataupun kabupaten dengan kota," ungkap Siti Astiyah.

Ia menjelaskan beberapa daerah bahkan sudah ada yang melakukan penandatangan MoU juga. "Contohnya Dumai sudah melakukan MoU dengan 5 Kabupaten lainnya. Dan beberapa daerah lainnya akan menyusul," ungkapnya.

Artinya, sebenarnya jika secara umum ada yang menyatakan di wilayah tak ada ketersediaan pangan, ini sebenarnya ada. "Namun mungkin masih belum dikoordinasikan dengan baik. Oleh karena itu Bank Indonesia akan mendukung koordinasi untuk meningkatkan perdagangan antar daerah," Cakapnya.

Kemudian untuk jaga stabilitas harga, tentu perlu dilakukan perbaikan infrastruktur. "Perbaikan infrastruktur tak hanya ranahnya Kabupaten/Kota, namun juga Pemprov. Karena kalau jalan-jalan banyak yang ranahnya Provinsi," ungkapnya.

Lalu dibutuhkan juga peningkatan untuk membuat pasar lelang. "Di beberapa daerah ini memang sudah banyak. Ini yang perlu untuk terus ditingkatkan. Apalagi bagi daerah-daerah yang memiliki sumber komoditas, ini bisa dipakai sehingga bisa meningkatkan komoditasnya," pungkasnya.


Sumber: MEDIACENTER


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)