Sabtu, 13 Januari 2018 - 10:25:08 WIB
Upah THL Naik
Author : Adek Rudi Hidayat
Kategori: Riau - [ 2851 ]


KOTA,RAnews.tv- Kabar gembira bagi para tenaga harian lepas (THL) yang bekerja di lingkungan Pemko Pekanbaru. Tahun ini upah mereka dinaikkan. Dari Rp63 ribu per harinya menjadi Rp69 ribu.

Selain itu, Pemko Pekanbaru juga menjanjikan tidak akan ada pengurangan jumlah THL seperti yang banyak dilakukan pemerintah-pemerintah daerah lainnya.

Kenaikan upah para THL ini dibenarkan Sekretaris Kota (Sekko) Pekanbaru M Noer MBS dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset daerah (BPKAD) Pekanbaru, Alek Kurniawan MSi.

Kepada Riau Pos,  Jumat (12/1), Sekko mengatakan, saat ini pemko belum berencana mengurangi jumlah THL. Bahkan rencananya, pemko akan menambah THL.

“PNS kami sudah banyak yang pensiun tahun lalu. Tahun ini tentu jumlah yang pensiun bertambah lagi,” katanya.

Penambahan akan terjadi di tubuh Satpol PP di mana akan menambah THL sebanyak 100 orang. “Akan tetapi penambahan tersebutl tergantung kebijakan kepala organisasi perangkat daerah (OPD). Selain itu, THL untuk Satgas Kebersihan DLHK juga akan ditambah,” ujar Sekko.

Meski membebani APBD, namun keberadaan para THL ini sangat diperlukan Pemko Pekanbaru. Pasalnya, sejak beberapa tahun terakhir, Pemko Pekanbaru tidak ada melakukan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS).

“Membebani pasti. Tapi untuk penguatan SDM, kami perlu,” sebutnya.Ditemui terpisah, Plt Kepala BPKAD Pekanbaru Alek Kurniawan MSi mengatakan, pemko akan menaikkan upah THL. “Tahun ini, upah THL kami naikkan. Tapi beda-beda. THL biasa dari Rp63 ribu  per harinya menjadi Rp69 ribu. Untuk sopir bus TMP, kalau tak salah saya sekitar Rp84 ribu per hari. Beda lagi dengan THL dengan keahlian khusus seperti tenaga IT,” ujar Alek.

Dijelaskannya, pada tahun sebelumnya, Pemko Pekanbaru mengeluarkan anggaran sekitar Rp10 miliar setiap bulan untuk upah sekitar 6.000 THL. Kemungkinan tahun depan akan bertambah anggarannya karena kenaikan upah.

“THL jangan samakan dengan karyawan. Upah mereka harian. Tapi kan repot jika dibayarkan harian. Makanya dihitung akumulasinya per bulan,” ulas Alek.

Alek berharap, dengan dinaikkannya gaji tersebut, koordinasi dan kerja sama harus terus ditingkatkan baik internal lingkungan kerja maupun dengan rekan-rekan berbagai OPD.

“Jadi harapan kami dengan kenaikan upah ini, kami minta komitmen pelayanannya semakin membaik. Apalagi THL sekarang memiliki beban kerja yang lebih terukur,” katanya.


Sumber: Riaupos.co


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)