Sabtu, 06 Januari 2018 - 09:52:24 WIB
DPA Diserahkan, Gunakan dengan Baik
Author : Adek Rudi Hidayat
Kategori: Riau - [ 3424 ]


PEKANBARU,RAnews.tv-Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Wan Thamrin Hasyim menyerahkan daftar pengguna anggaran (DPA) 2018 kepada organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau di ruang Melati Kantor Gubernur Riau, Jumat (5/1). Dengan penyerahan DPA tersebut, Wagubri meminta kepada seluruh OPD untuk melaksanakan anggaran 2018 sebaik-baiknya sesuai dengan aturan yang berlaku.

Dalam penyerahan DPA tersebut, turut dipaparkan OPD Pemprov Riau yang memiliki pagu DPA kategori anggaran belanja besar, realisasi keuangan tertinggi 2017, realisasi fisik tertinggi 2017, OPD khusus, dan OPD lain-lainnya. Di mana untuk kelompok anggaran belanja besar pada 2018 yakni Dinas Pendidikan Riau Rp2 triliun lebih, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Riau Rp1,2 triliun, Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Rp277 miliar, Dinas Kesehatan Riau Rp‎208 miliar.

Kemudian, OPD dengan realisasi keuangan tertinggi 2017 yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Riau Rp24,5 miliar. OPD dengan realisasi fisik tertinggi 2017 yakni Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau Rp48,2 miliar. Sedangkan OPD khusus yakni Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Riau Rp27 miliar. OPD lain-lainnya seperi Badan Perencana Pembangunan Daerah Riau Rp48,9 miliar, dan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Riau Rp46,3 miliar.

“Semua OPD harus bekerja maksimal, apalagi DPA inikan rutin setiap tahun dilakukan. Saya kira semua OPD sudah tahu apa yang mesti dikerjakan. Namun, persoalannya mau atau tidak mengerjakan,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, pekerjaan yang dilakukan secara maksimal dan sesuai aturan karena setiap tahun keuangan Pemprov Riau selalu dilakukan pemeriksaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Menurutnya, jika OPD melaksanakan anggaran dengan baik, Pemprov Riau tidak sungkan memberikan penghargaan sebagai apresiasi atas kinerjanya.

“Kemudian kepada OPD yang memiliki anggaran besar khususnya Dinas PU agar dapat memperhatikan kualitas fisik pembangunan sesuai rancangan. Tujuannya agar bisa dimanfaatkan dengan waktu lama. Kalau bangun jembatan misalnya, hendaknya bisa dilewati orang. Jangan begitu dipijak jembatan rubuh, itu tidak benar,” tutupnya.

Sumber: Riaupos.co


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)