Senin, 11 Desember 2017 - 17:17:02 WIB
Presiden Joko Widodo Mendapat Penghargaan Atas Sikapnya Yang Konsisten Menolak Gratifikasi
Author : Adek Rudi Hidayat
Kategori: Nasional - [ 7826 ]


JAKARTA,RAnews.tv - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat penghargaan atas sikapnya yang konsisten menolak gratifikasi. Hal itu dikatakan Ketua KPK Agus Rahardjo yang juga langsung memberikan penghargaan itu.

Adapun Agus menyampaikan penghargaan KPK untuk Jokowi pada saat pembukaan Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi Ke-12 serta Peluncuran Aplikasi e-LHKPN di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (11/12/2017).

Bukan hanya Presiden Jokowi, penghargaan serupa dari KPK itu juga diberikan kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Agus menilai, baik Jokowi ketika menerima pemberian dari pihak lain lantas melaporkannya ke KPK.

Langkah itu, sambungnya, merupakan, bentuk konsistensi Jokowi menolak gratifikasi.

"Perorangan yang dapat penghargaan tertinggi adalah pertama presiden Republik Indonesia, kedua wakil presiden, ketiga menteri agama," ujarnya.

Di samping itu, ada juga penghargaan dari KPK untuk instansi pemerintah pusat dan daerah yang mengelola sistem pelaporan gratifikasi. Adapun langkah itu sebagai upaya meminimalkan pemberian terkait jabatan.

Memang, Jokowi beberapa kali melaporkan sejumlah barang yang dia terima dari orang lain, di antaranya gitar bas dari basis personel Metallica Robert Trujillo.

"Sebelum beliau menjadi Presiden, bahkan beliau sudah menyerahkan barang-barang yang jadi gratifikasi. Ingat gitar Metalica? Mudah-mudahan jadi contoh untuk kita semua. Kalau tidak berhak diserahkan ke negara," tuntasnya.


Sumber: Riaupos.co


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)