Senin, 11 Desember 2017 - 17:14:21 WIB
Aziz Ditunjuk Jadi Ketua DPR, Airlangga Setnov Tak Punya Kapasitas
Author : Adek Rudi Hidayat
Kategori: Nasional - [ 9540 ]


 

JAKARTA,RAnews.tv- Keributan baru di tubuh Golkar muncul setelah adanya rekomendasi Setya Novanto yang memilih Aziz Syamsudin sebagai Ketua DPR pengganti dirinya.

Reaksi kemudian datang dari sejumlah elite, seperti Airlangga Hartarto dan Agung Laksono. Mereka serempak menganggap surat tersebut tidak sah sekaligus tidak etis karena diajukan tanpa persetujuan rapat pleno Partai Golkar.

Adapun pengurus dewan pimpinan pusat (DPP) Golkar kaget dengan beredarnya surat rekomendasi Setnov tersebut. Itu karena tidak banyak yang tahu kapan dan siapa pihak yang pertama menerima surat itu, tapi tiba-tiba surat tersebut disampaikan oleh Ketua Fraksi Partai Golkar Robert Kardinal dan Aziz sendiri kepada beberapa fraksi.

Menurut Airlangga yang merupakan Ketua Koordinator Bidang (Korbid) Ekonomi DPP Partai Golkar, Setnov saat ini tidak memiliki kapasitas untuk mengambil keputusan. Sebab, hasil pleno Partai Golkar pada 21 November lalu telah menetapkan Idrus Marham sebagai Plt ketua umum (Ketum).

Akan tetapi, dalam pengambilan keputusan, rapat pleno menetapkan mekanisme kolektif kolegial.

”Plt Ketum dalam mengambil keputusan strategis tidak bisa sendiri. Plt wajib berkoordinasi dengan ketua harian dan ketua-ketua korbid,” katanya di sela-sela seminar Generasi Muda Partai Golkar di Jakarta, Ahad (10/12/2017).

Ditegaskannya, proses yang harus dituntaskan saat ini adalah persiapan musyawarah nasional luar biasa (munaslub). Agenda itulah yang akan dibahas dalam rapat pleno Golkar. Terkait dengan agenda pemilihan Ketua DPR, sampai saat ini belum pernah ada pembahasan.

”Belum ada jadwal pleno terkait itu (surat Setnov, red),” tuturnya.

Rapat pleno itu digelar hari ini atau selambat-lambatnya Rabu (13/12/2017).

 


Sumber: Riaupos.co


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)