Senin, 11 Desember 2017 - 08:57:25 WIB
Malas Menggosok Gigi, Risiko Kanker Mengintai?
Author : M. Arpoda Nafiz Tampubolon
Kategori: Health - [ 53466 ]


JAKARTA,RANEWS.TV- Sudah jadi aturan umum bahwa kita setidaknya menggosok gigiAnda dua kali dalam sehari. Namun, terkadang sangat mudah untuk melewatkannya pada malam hari.

Mungkin Anda berpikir bahwa melewatkannya tidak akan membahayakan apapun. Tapi, penelitian terbaru menemukan jika kebiasaan melewatkan menggosok gigi tersebut terjadi berulang kali akan berpotensi menimbulkan bahaya lebih serius.

Sebuah studi yang dipublikasikan pada jurnal Cancer Research ini menghubungkan masalah periodontal atau gusi, akibat dari tidak rutin menggosok gigi, dengan kanker esofagus, atau sebuah kanker pada tabung panjang otot yang menghubungan mulut dengan perut.

Untuk studi ini, para peneliti mengambil sampel mulut pada 122,000 orang, dan setelah 10 tahun, didapati 106 orang mengidap kanker esofagus.

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang mengidap kanker esofagus memiliki tingkat bakteri tertentu yang lebih tinggi pada mulut mereka. Bakteri yang juga dikaitkan dengan penyakit gusi ini bernama Tannerella forsythia dan Porphyromonas gingivalis (Tannerella forsythia sendiri dikaitkan dengan peningkatan resiko sebanyak 21 persen sebagai penyebab kanker esofagus).

Kedua bakteri ini bisa mengendap pada gusi jika Anda tidak menggosok gigi secara rutin, dan meningkatkan peluang Anda untuk mengalami penyakit gusi, melansir laman Prevention.


Sumber: LIPUTAN6.COM


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)