Rabu, 06 Desember 2017 - 13:31:34 WIB
RS Awal Bros Siapkan Karyawan Khusus
Author : Adek Rudi Hidayat
Kategori: Riau - [ 2087 ]


PEKANBARU,RAnews.tv- Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diluncurkan sejak 2014 lalu oleh pemerintah, banyak memiliki manfaat yang dirasakan masyarakat Indonesia. Terutama bagi masyarakat yang kurang mampu.

Mereka yang semula takut ketika dirujuk oleh Puskesmas sebagai tempat fasilitas pelayanan pertama ke rumah sakit karena persoalan biaya. Semenjak adanya program unggulan pemerintah ini tidak takut lagi. Mereka tidak perlu memikirkan besaran biaya yang harus dikeluarkan atau darimana mereka mendapatkan biaya pengobatan yang begitu besar, karena semuanya sudah ditanggung oleh pemerintah program BPJS Kesehatan JKN-KIS.

Fasilitas yang sudah disiapkan pemerintah ini, betul-betul bisa diterapkan dengan baik oleh rumah sakit sebagai tempat pelayanan medis pasien BPJS Kesehatan. ‘’Bagi kami pasien BPJS Kesehatan sama dengan pasien lainnya, baik yang kurang mampu maupun yang mampu. Semua sama, tidak ada pembedaan,’’ kata Direktur Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru, dr Nurhidayati Endah Puspita Sari MARS, Senin (4/12).

Rumah Sakit Awal Bros ini, sudah terlibat dengan program BPJS Kesehatan ini sejak tahun 2014. Ketika program pelayanan kesehatan yang diusung pemerintah itu masih belum banyak rumah sakit swasta di Indonesia yang menerapkannya. ‘’Bahkan di Pekanbaru, kami menjadi rumah sakit swasta yang pertama menerapkan ini,’’ ujarnya.

Apalagi secara corporasi, Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru ini sudah diamanatkan untuk ikut terlibat mensukseskan program BPJS Kesehatan ini. Dengan kurun waktu itu, sudah banyak strategi yang dilakukan oleh manajemen untuk memberikan pelayanan yang terbaik pada pasien BPJS Kesehatan di Pekanbaru dan Riau umumnya.

Dari sisi pelayanan medis, Nurhidayati menjelaskan, tidak ada perbedaan.  Semua pasien BPJS Kesehatan yang dirawat mendapatkan pelayanan medis yang sama. Namun dari sisi administrasi memang sedikit berbeda. Apalagi Rumah Sakit Awal Bros ini masih tipe B. Tidak semua pasien BPJS Kesehatan itu bisa langsung dilayani rumah sakit tipe B. Melainkan dalam aturannya, harus ada rujukan terlebih dahulu dari FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama), baik rumah sakit tipe C, puskesmas ataupun klinik, yang disebut dengan system rujukan berjenjang. 

Rumah Sakit Awal Bros Pe­kanbaru, setiap harinya melayani 40 persen pasien JKN – KIS dari total seluruh pasien yang ditangani rumah sakit Awal Bros Pekanbaru. Dalam memberikan pelayanan yang prima, mereka menyiapkan karyawan khusus yang di dedikasikan untuk melayani pasien BPJS Kesehatan, mulai dari pendaftaran hingga mereka keluar. ‘’Ada sekitar 10 orang karyawan yang kita siapkan. Termasuk counter tersendiri,’’ ujarnya.

Mereka inilah yang intens ber­komunikasi dengan BPJS Kesehatan. Mereka juga melayani dan mengurus klaim dari pasien BPJS Kesehatan, baik rawat jalan maupun rawat inap. Karyawan yang sudah mendedikasikan ini, akan melihat kelengkapan administrasi yang dibutuhkan. Kartu BPJS Kesehatannya, kartu keluarga dan lainnya yang menjadi persyaratan.

Sementara jika masih ada ke­kurangan persyaratan, pihak rumah sakit memberikan waktu 3x24 jam untuk melengkapinya dan pasien tetap mendapatkan pelayanan me­dis dari rumah sakit.

Dibidang farmasi, menurut Nurhidayati, rumah sakit Awal Bros Pekanbaru juga menyediakan fasilitas farmasi tersendiri. Petugas yang disiapkan khusus ini, harus hafal apa obat yang di cover atau tidak. ‘’Yang jelas kami istimewakan mereka. Kalau pun ada yang di tolak, hanya dibawah 10 persen,’’ paparnya.

Soal hak kelas. Mereka menganut tidak ada pembedaan hak kelas, termasuk BPJS Kesehatan. Jika pasien yang bersangkutan BPJS Kesehatannya adalah Kelas 1, 2 atau kelas 3, rumah sakit akan menempatkannya sesuai dengan hak kelas. Namun jika ada yang naik kelas untuk kenyamanan, tentu saja ada selisih biaya yang harus dibayarkan yang diatur Permenkes.

Soal komplain, jalur yang dilalui juga sama tidak ada pembedaan. Kalau pun tidak ada yang komplain, justru rumah sakit yang menggali dari pasien dengan menggunakan kuisioner sebagai masukan rumah sakit.

Terkait dengan pasien yang datang dari luar daerah, Nurhidayati mengatakan, rumah sa­kit memberikan kemudahan pendaftaran. Bisa menggunakan program envoiment yang disiap­kan rumah sakit melalui telpon, WA atau BBM ke nomor 08117510599. ‘’Mereka cukup mengirimkan foto kartu BPJS Kesehatan, kartu keluarga, surat rujukan ke nomor tersebut untuk pendaftaran,’’ ujarnya.

Ini dimaksudkan untuk me­mudah­kan petugas rumah sakit melakukan pengecekan, apakah masih aktif atau tidak Kecuali jika ruang rawat yang full. Yang sering terjadi, adalah soal komunikasi nya.

Seringkali pasien datang secara langsung tanpa komunikasi, apakah mereka memiliki dokter yang dibutuhkan pasien atau masih bisa dilakukan perawatan di rumah sakit atau tidak. Karena diakuinya tidak semua perawatan medis bisa mereka lakukan langsung.

Nurhidayati tidak menapik masih ada pasien atau masya­rakat yang ingin berobat me­rasa tidak puas. Bagi mereka itu adalah wajar. Namun pihak Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru berupaya memberikan pe­­layanan yang terbaik bagi mereka. Mulai dari pendaftaran, pengurusan klaim hingga keluar dari rumah sakit dengan dilayani secara khusus.

Sumber: Riaupos.co


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)