Sabtu, 07 Oktober 2017 - 09:59:37 WIB
Pawai Lampion Zhong Qiu di Kota Pekanbaru
Author : M. Arpoda Nafiz Tampubolon
Kategori: Riau - [ 4952 ]


PEKANBARU,RANEWS.TV- Memperingati Perayaan Pertengahan Musim Gugur atau dikenal Juga dengan sebutan Mid-Autumn Festival atau Festival Kue Bulan  yang jatuh pada Rabu, 4 Oktober 2017 atau bulan 8 tanggal 15 Imlek, Kampung Tionghoa Melayu Pekanbaru akan dihiasi pawai lampion.

“Dalam Pawai Lampion yang rencana akan dilepas oleh Gubernur Riau, akan ditampilkan beberapa lampion ikan dan ayam raksasa, mobil hias dan lampion beraneka warna-yang dibawa oleh para peserta“, ujar Widjadi Nauli Basa selaku ketua Panitia Zhong Qiu.
 
Para peserta pawai akan start dari jalan Karet, selanjutnya akan melewati jalan Juanda -jalan A. Yani, jalan M. Yamin jalan Jend. Sudirman jalan Juanda dan finish kembali ke jalan Karet atau Leimena. 
 
“Usai pawai lampion, acara Zhong Qiu akan dilanjutkan dengan doa, makan kue bulan bersama, tari-tarian dan nyanyian” jelas Widjadi Nauli Basa. 
 
Perayaan Pertengahan Musim Gugur atau Zhong Qiu Jie ( atau Tiong Ciu dalam dialek Hokkian ) merupakan salah satu perayaan penting dalam  tradisi warga Tionghoa di seluruh dunia sejak ribuan tahun yang lalu, dengan makanan khasnya yang disebut kue bulan ( moon-cake ) yang umumnya berbentuk bulat dengan berbagai citarasa. 
 
Dalam perayaan tersebut, biasanya dipasang lampion merah di bawah sinar rembulan. Simbol bulat dari bulan, lampion merah maupun kue bulan bermakna keutuhan atau reuni keluarga yang penuh sukacita dan bahagia.
 
Momen itu juga dimanfaatkan untuk mensyukuri karunia Tuhan.

Sumber: BERTUAHPOS


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)