Minggu, 20 Agustus 2017 - 09:54:56 WIB
Mengulik Manfaat Jamu untuk Kesehatan
Author : M. Arpoda Nafiz Tampubolon
Kategori: Health - [ 12783 ]


JAKARTA,RANEWS.TV- Sejak lama, jamu dipercaya sebagai obat tradisional berkat khasiatnya yang baik untuk tubuh dan kesehatan. Meski rasanya yang identik dengan pahit, orang-orang masih mencarinya jika sedang membutuhkan. 

Rasa pahit atau tidak enak bagi para pemula penikmatnya bisa jadi karena bahannya yang diambil dari tumbuh-tumbuhan, akar, bunga hingga kulit kayu. Racikan alami tanpa pemanis atau penambah rasa ini yang membuatnya baik untuk kesehatan.

Dilansir dari berbagai sumber, ada sejumlah khasiat yang didapatkan dari mengkonsumsi jamu. Dari jamu temulawak yang baik untuk atasi masuk angin, atau jamu beras kencur yang ampuh untuk pegal linu.
1. Jamu Temulawak

Seperti namanya, jamu ini terbuat dari temulawak. Namun terdapat bahan lain untuk membuatnya seperti kencur, asam jawa, gula aren, daun pandan serta jintan. Jamu tersebut memiliki manfaat seperti membantu mencegah hepatitis, membantu produksi cairan empedu, menghilangkan gejala masuk angin, menyembuhkan sakit kepala hingga mengobati jerawat.

Salah satunya adalah Presiden RI Joko Widodo yang ternyata rutin minum jamu temulawak. Dia biasa memadukannya dengan jahe. Jokowi sendiri meminumnya setiap pagi selama 17 tahun.

Alasan Jokowi meminum jamu temulawak adalah untuk menjaga daya tahan tubuh seperti tidak mudah lelah. "Dan setelah saya cek, betul, temulawak itu ada curcuma. Itu bisa memperbaiki fungsi liver dan fungsi pencernaan lain, saya baca dan rasakan benar," ujar Jokowi seperti dilansir dari CNNIndonesia.com, Senin (25/5/2015).

2. Beras kencur

Jamu beras kencur tentu saja terbuat dari beras dan kencur serta dicampur dengan sejumlah bahan lainnya seperti biji kedawung, rimpang jahe, biji kapulaga, asam, kunyit, gula merah, gula putih, jeruk nipis, garam serta kayu keningar.

Jamu beras kencur dinilai bermanfaat untuk menghilangkan pegal-pegal dan linu, meringankan bantuan batuk, menambah nafsu makan, membuat tubuh bugar dan menyembuhkan perut kembung.
3. Kunyit asam

Perempuan biasanya lebih senang meminum jamu kunyit asam karena fungsinya yang dinilai dapat melangsingkan tubuh. Selain itu, jamu tersebut juga berfungsi untuk membantu mengatasi masalah menstruasi.

Selain kedua hal tersebut, kunyit asam juga berfungsi untuk memperlancar peredaran darah, menjaga metabolisme tubuh dan membantu mengobati sariawan atau panas dalam.

Kunyit asam terbuat dari kunyit dan asam Jawa serta bahan lainnya seperti sinom, temulawak, biji kedawung, jeruk nipis, gula jawa, gula putih dan garam. Kandungan yang dimiliki kunyit asam pun beragam seperti kurkumin, vitamin C, protein, karbohidrat serta zat besi.

4. Jamu pahitan

Jamu ini terbuat dari sambiloto serta bahan lainnya seperti daun meniran, lempuyang, lengkuas, serai, widoro laut dan rempah-rempah lainnya. Cara membuatnya hanya merebus semua bahan hingga air rebusan menjadi kental.

Manfaat yang dimilikinya seperti penambah nafsu makan, mengobati perut kembung, menurunkan risiko diabetes, menghilangkan bau tak sedap, menurunkan kadar kolesterol hingga obat penghilang jerawat.
5. Jamu kunci sirih

Jamu ini terbuat dari kunci dan sirih. Biasanya, untuk menghindari rasa asam atau kecut, biasanya jamu tersebut dicampur dengan daun luntas, kunyit, jahe, kencur, kapulaga, kayu manis, asam jawa, serai, hingga buah delima.

Biasanya, jamu ini lebih sering diproduksi oleh perempuan karena manfaatnya untuk alat kelamin mereka. Sejumlah manfaat yang didapar dari jamu tersebut seperti mengatasi keputihan, menghilangkan bau badan, memperkuat gigi, merapatkan vagina dan mengecilkan rahim di perut.


Sumber: CNNINDONESIA


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)