Rabu, 12 Juli 2017 - 11:20:22 WIB
Selamat Tinggal Windows Phone
Author : M. Arpoda Nafiz Tampubolon
Kategori: Teknologi - [ 21612 ]


JAKARTA,RANEWS.TV- Microsoft akhinya tak lagi menyediakan dukungan perangkat lunak untuk Windows Phone. Dukungan ini bahkan tak juga disedikan untuk Windows Phone versi 8.1 yang saat ini masih banyak digunakan. 

Laman resmi Microsoft menunjukkan penghentian dukungan sistem operasi Windows Phone 8.1 berlaku efektif per 11 Juli 2017. Dengan demikian OS tersebut hanya bertahan selama tiga tahun sejak pertama kali dirilis.

Saat ini diperkirakan hampir 80 persen semua ponsel Windows masih memakai Windows Phone 7.1, Windows Phone 8 dan 8.1. Tanggung jawab Microsoft ke pengguna ponsel buatan mereka tinggal tersisa ke ponsel Windows 10 yang cuma dipakai oleh 20 persen dari total pengguna ponsel Windows.Porsi pengguna Windows Phone didominasi oleh versi Windows Phone 8.1 dengan persentase 73,9 persen. Angka itu jauh meninggalkan ponsel dengan versi sistem operasi lainnya, demikian menurut laporan AdDuplex seperti ditulis The Verge.

Perlu diingat pula, Windows Phone 8.1 merupakan salah satu pencapaian penting Microsoft saat masih getol berkompetisi dengan Android dan Apple. Pada peluncuran sistem operasi itu, mereka menghadirkan asisten digital Cortana untuk pertama kalinya serta perombakan besar di antarmuka ponsel.

Untuk Windows 10 Mobile juga tak akan lama bertahan. Diluncurkan pada Agustus 2016, Microsoft menyatakan dukungan untuk OS itu jatuh pada 9 Oktober 2018.Meski secara resmi Microsoft belum menghentikan seluruh bisnis ponsel cerdasnya, namun sudah lazim diketahui bahwa mereka tak lagi berminta memproduksi ponsel sendiri.

"Respon Microsoft adalah dengan membuat iOS dan Android menjadi perangkat yang lebih baik. Mungkin ini terdengar tidak intuitif, tetapi ini akan menjadi lebih berguna bagi sebagian besar pengguna Windows daripada menjual ponsel yang ditenagai Windows sendiri," jelas Joe Belfiore, Corporate Vice President di divisi Operating Systems Group Microsoft seperti ditulis The Verge, Jumat (12/5) lalu.


Sumber: CNN INDONESIA


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)