Rabu, 12 Juli 2017 - 11:11:50 WIB
Sepuluh Sambal Terenak yang Ada di Indonesia
Author : M. Arpoda Nafiz Tampubolon
Kategori: Lifestyle - [ 18708 ]


JAKARTA,RANEWS.TV- Adanya ribuan pulau yang ada di Indonesia memberikan Indonesia sebuah keunggulan tersendiri. Salah satunya adalah kekayaan bahan baku kuliner yang khas.

Tiap daerah di Indonesia memiliki ragam kuliner yang berbeda. Meski beberapa makanannya ada yang terbilang sama, namun kenyataannya adanya bahan baku lokal membuat makanan ini mirip tapi tak serupa.

Sambal, adalah salah satu contoh makanan yang dimiliki oleh semua daerah di Indonesia. Meski sama-sama punya sambal, namun salah satu makanan terfavorit versi CNN ini punya keistimewaannya masing-masing.

Bagi orang Indonesia sendiri, sambal adalah bagian tak terpisahkan dari kuliner Indonesia. Tak lengkap rasanya jika makan tanpa adanya sambal sebagai side dish.Mengutip berbagai sumber, Indonesia memiliki puluhan jenis sambal yang berbeda dari tiap daerah. Bukan hanya sambal kreaasi daerah, tapi juga sambal kreatif kekinian.

1. Sambal kecap
Sambal ini dibuat dari irisan tomat, cabai rawit, cabai keriting merah. Tambahan irisan bawang merah dan putih yang dicampur dengan kecap manis dan sedikit air akan membuat rasanya makin mantap.

2. Sambal hijau
Sambal hijau ini dibuat dari cabai hijau besar dan cabai rawit hijau yang dihaluskan. Sambal ini biasanya ditumis untuk menghilangkan aroma langu cabai hijau.

3. Sambal bawang
Kombinasi bawang merah, bawang putih, cabai, dan garam yang dihaluskan bersama akan membuat rasa sambalnya pedas namun nikmat.

4. Sambal tomat
Bahan dasar sambal ini mirip dengan sambal bawang, hanya saja, sambal ini juga ditambahkan irisan tomat ke dalamnya sehingga jadi lebih berair.

5. Sambal dabu-dabu
Sambal dabu-dabu ini mirip dengan bahan sambal kecap hanya saja dibuat tanpa kecap. Sambal ini merupakan sajian khas Manado.6. Sambal matah
Sambal matah adalah kreasi sambal khas Bali. Sambal mentah ini berisi irisan cabai, bawang, dan batang serai. Semuanya bahan ini disiram dengan minyak panas.

7. Sambal terasi
Pada dasarnya, sambal ini punya bahan sama dengan sambal lainnya. Hanya saja untuk membuat sambal terasi, ditambahkan terasi udang ke dalamnya.

8. Sambal kacang
Sama seperti namanya, sambal ini dibuat dengan tambahan kacang yang digoreng kemudian dihaluskan.

9. Sambal korek
Sambal ini sebenarnya terbuar dari campuran cabai dan garam. Namun dinamakan korek karena saat makan, sambal ini harus dikorek langsung dari cobek.


10. Sambal mangga
Sekilas mirip dengan rujak mangga. Namun sambal mangga ini dibuat dengan tambahan irisan mangga muda. Sambal ini terasa pedas namun tetap terasa segar.

Selain 10 jenis sambal tersebut, Indonesia masih punya beragam jenis sambal lainnya yang tak kalah populer dan nikmat. Sebut saja sambal andaliman, sambal petis, sambal roa, sambal colo-colo, sambal bajak, sampai sambal goreng.


Sumber: CNN INDONESIA


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)