Sabtu, 31 Oktober 2015 - 09:27:41 WIB
5 November KPU Kuansing Gelar Debat Kandidat Untuk Calon Bupati Dan Wakil Bupati
Author : M. Arpoda Nafiz Tampubolon
Kategori: Riau - [ 9563 ]


TELUK KUANTAN,Ranews.com-Komisi pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuantan Singingi akan menggelar debat kandidat bagi tiga pasang calon Bupati dan wakil Bupati peserta Pilkada Kuansing. Debat kandidat ini rencananya akan digelar 5 November 2015 nanti.

" Sekarang tengah kita matangkan acara debat kandidat ini, kegiatan debat kandidat tersebut akan dilaksanakan dua kali, pertama tanggal 5 November ini, kedua tanggal 5 Desember, "ujar Komisioner KPU Kuansing sekaligus penanggungjawab debat kandidat, Wigathi Iswandhiari, Jumat ( 30/10/2015 ) siang.

Menurut Wigati, ada lima tahapan yang akan dilalui oleh masing-masing kandidat saat mengikuti acara debat yang direncanakan berlangsung selama 90 menit atau satu setengah jam tersebut.

Pertama, penyampaian visi dan misi pasangan calon secara berurutan, kedua pertanyaan moderator kepada masing-masing pasangan calon. Sesi ketiga, pertanyaan dari pasangan nomor urut 1 kepada pasangan nomor urut 2 dan nomor urut 3.

Seterusnya pertanyaan dari pasangan nomor urut 2 kepada pasangan nomor urut 3 dan nomor urut 1. Sesi terakhir pertanyaan dari pasangan nomor urut 3 kepada pasangan nomor urut 1 dan nomor urut 2.

"Catatan tidak ada debat saat masing-masing pasangan calon mengajukan pertanyaan ke pasangan lainnya termasuk dari moderator kepada pasangan calon. mereka hanya menjawab saja pertanyaan,"ujarnya.

Menurut Wigati lagi, dalam debat kali ini tidak ada panelis, seperti halnya debat Capres dan Cawapres." Moderator sekaligus panelis yang akan mengajukan pertanyaan, moderatornya Tengku Edy Sabli mantan Ketua KPU Riau,"ujarnya.

Mengenai lokasi debat ujarnya, saat ini dipilih antara gedung Narosa dan Balai Adat. " Untuk tempat belum kita putuskan, sedangkan jadwal debat jam 2 siang,"katanya.

Ditambahkan Wigati, dalam debat kali ini masing-masing pasangan calon hanya diperkenankan membawa 25 orang rombongan. " Kalau total yang Kita undang sebanyak 150 orang, diluar tim pasangan calon ada, Forkompimda, mahasiswa, wartawan, dan unsur lainnya,"jelasnya.

Untuk debat pertama ujarnya direncanakan hanya disiarkan langsung oleh radio pemerintah daerah ( RPD ) Kuansing. “ Untuk debat kedua baru RPD dan salah satu TV, direncanakan RTV atau TVRI,”pungkasnya.(MC Riau)


Sumber:


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)