Sabtu, 26 Mei 2018 - 15:38:48 WIB
Pemprov Riau Tengah Mengatur Formulasi Untuk Menghemat Anggaran
Author : TEAM Ranews
Kategori: Riau - [ 3997 ]


PEKANBARU,RAnews.tv - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tengah mengatur formulasi untuk menghemat anggaran. Salah satunya merasionalisasi anggaran perjalanan dinas pegawai.Pasalnya belum semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Riau melakukan penghematan anggaran perjalanan dinas.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Hijazi mengatakan, meski perjalan dinas sudah banyak berkurang. Namun itu baru dilakukan di Sekretariat Daerah Provinsi Riau.

"Tahun 2017 kita di Sekretariat Daerah Provinsi Riau bisa menghemat anggaran sekitar Rp4 miliar dari awalnya Rp16 miliar, dan di APBD perubahan kita turunkan menjadi Rp12 miliar," katanya, Sabtu (26/5/2018).

Menurut Ahmad Hijazi, kalau langkah itu diikuti oleh semua OPD lain, maka akan lebih baik lagi. Makanya pihaknya akan membuat formulasi agar OPD mengikuti langkah penghematan seperti yang dilakukan di Sekretariat Daerah.

"Bisa dihemat kok. Makanya kita buat formula-formula supaya mereka (OPD) mengikuti. Apa yang sudah kita buat di Sekretariat tolong OPD-OPD diikuti," pintanya.

Lebih lanjut disampaikan Ahmad Hijazi, ada banyak cara-cara menghemat. Dimana anggaran yang berorientasi bagi kepentingan tugas bisa dikurangi intensitasnya

"Kedua menghemat kost (anggaran). Misal, kalau eselon II itu ada cost penginapan hotel sekitar Rp1,7 juta. Kenapa harus pakai hotel seharga itu, pakai saja hotel yang tarif kamarnya Rp800 sampai Rp900 ribu," ujarnya.

"Saya saja anggaran hotel Rp3,5 juta. Tapi saya jarang sekali menggunakan tarif hotel sebesar itu. Karena menurut saya yang tarif Rp800 sampai Rp900 sudah cukup bagus dan sudah dapat hotel bintang empat," sambungnya.

Menurutnya langkah itu akan jauh menghemat. Jika pegawai berangkat dinas 2-3 malam, sudah berapa anggaran yang dapat dihemat.

"Kalau sebulan ada lima kali, satu tahun sudah berapa anggaran terhemat. Pola-pola seperti itu mesti ditempuh. Memang ada standar anggaran untuk itu, tapi itu standar tertinggi. Jadi bisa kita lakukan hemat seperti itu, kalau tidak rendah minimal menengah," tutupnya.


Sumber: cakaplah.com


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)