Jumat, 04 Mei 2018 - 11:08:01 WIB
Pengganti Antibiotik untuk Ayam Mudah Berjamur
Author : Adek Rudi Hidayat
Kategori: Lifestyle - [ 6480 ]


Jakarta,RAnews.tv-Artikel ini hasil liputan investigasi penulis dengan topik "Efektivitas Makanan Pengganti Antibiotik pada Unggas." Liputan yang dilakukan selama Maret 2018 sebagai bagian penilaian “Fellowship for Journalist Protecting Lives and Livelihoods." Beasiswa diselenggarakan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia bekerjasama dengan FAO (Organisasi Pangan Dunia).Meski pakan pengganti antibiotic growth promoter(AGP) untuk unggas, khususnya ayam termasuk sehat dan mencegah resistensi antibiotik pada manusia. Namun, ada salah satu kelemahan pada pakan yang perlu diperhatikan peternak. Peternak “Ayam Herbal Green-Poultry” (dahulu "Ayam Herbal Probiotik Green-Poultry") Adithya Setiaji mengakui, bila terlalu lama disimpan, pakan probiotik--produk yang mengandung mikroorganisme hidup yang ditambahkan ke dalam pakan--akan ditumbuhi jamur.

Pakan “Ayam Herbal Green-Poultry” yang didatangkan dari industri pakan ini diproduksi PT Charoen Pokphand Indonesia. Pakan probiotik tersebut juga tidak terkandung AGP. Pakan ternak yang sudah berjamur sangat tidak cocok diberikan pada ayam.

“Lama-kelamaan pakan akan ditumbuhi jamur. Kalau sudah begitu ya tidak cocok dikasih ke ayam. Sudah tidak fresh (segar) lagi. Apalagi kondisi pakan sudah agak lembab, tekstur lembabnya ketahuan sekali saat dipegang. Itu juga sudah tidak baik buat ayam,” Adit menjelaskan dalam sesi perbincangan dengan di rumah Ina Rohadi, pemilik peternakan “Ayam Herbal Green-Poultry” pada Minggu, 25 Maret 2018.

Yang paling terlihat jelas, pakan ternak probiotik ditumbuhi semacam jaring laba-laba yang berwarna putih. Bila pakan dalam kondisi seperti itu, harus lekas diganti yang baru. Jika nekat diberikan, ayam akan terganggu kesehatan dan sakit. Bahkan ayam bisa saja mati karena kualitas pakan probiotik yang buruk.Untuk itu, penyimpanan pakan probiotik harus bagus. Mesti ada gudang khusus untuk penyimpanan pakan probiotik.

Di peternakan “Ayam Herbal Green-Poultry” tidak punya gudang khusus, lanjut Adit. Pakan probiotik dalam bentuk karung diletakkan di dalam kandang ayam. Pada bagian atas kandang terdapat bilah-bilah bambu tersusun rapi ibarat rak. Karung-karung pakan probiotik ditaruh di atas bilah-bilah bambu tersebut.

Peternakan ayam milik Ina berada di Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Lokasi peternakan juga tak jauh dari Jalan Raya Serpong-Tangerang, dekat dengan Stasiun Serpong. Jarak rumah Ina dengan peternakan ayam juga cukup jauh, sekitar 700 meter. Ina juga punya Rumah Pemotongan Ayam (RPA), yang berjarak 200 meter dari lokasi kandang. Ayam broiler yang dijual Ina sudah berbentuk ayam potong dalam kemasan.


Sumber: liputan6.com


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)