Selasa, 13 Maret 2018 - 10:18:37 WIB
Disnaker Perkuat SDM dan Awasi TKA di Riau
Author : Adek Rudi Hidayat
Kategori: Riau - [ 9918 ]


PEKANBARU,RAnews.tv - Kepala Disnakertrans Riau Rasidin Siregar SH mengatakan, peningkayan sumber daya manusia (SDM) tenaga kerja di Riau terus diperhatikan. Gunanya untuk dapat bersaing dengan tenaga kerja asing (TKA).

Karena tidak dapat dipungkiri Indonesia masuk era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Yang mana pekerja tidak hanya datang dari dalam negeri, namun, ada juga dari luar negeri.

 “SDM unggul dengan keterampilan khusus berbagai sektor, dengan kualitas bersaing inilah target yang kita lakukan,” jelas Rasidin kepada Riau Pos, belum lama ini di Pekanbaru.

Rasidin juga menyebutkan, agar bisa bersaing untuk mengatasi pengangguran, ada Balai Latihan Kerja (BLK) yang siap melatih generasi muda Riau menjadi ahli dan bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri.

Terkait dengan pengawasan TKA Rasidin menegaskan, tidak perlu khawatir. Karena sudah ada skema pengendalian, jelas ada perizinannya dan syaratnya yang harus dipenuhi.

“Sepanjang proses penggunaan tenaga kerja asing sudah sesuai mekanisme dan ketentuan yang berlaku tidak masalah,” jelas dia.

Dikatakan, sesuai program Kementerian Tenaga Kerja RI dan Presiden RI yang ingin bekerja di Indonesia harus memiliki keterampilan dan memiliki jabatan profesional, sehingga tidak bisa mengisi pekerjaan pada level rendah. Hal ini menjadi syarat yang sudah diatur.

“Sesuai kebijakan pemerintah saat ini Disnakertrans sudah melakukan pengawasan ketat dan rutin ke TKA. Pengawasan juga bersifat responsif,” jelasnya.

Dia juga mengimbau, bila ada laporan masyarakat terkait dengan dugaan TKA ilegal, Disnakertrans Riau pasti akan melakukan pengecekannya.


Sumber: Riaupos.co


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)