Selasa, 13 Maret 2018 - 10:17:47 WIB
Tiap Bulan, 3.000 Arwana Diekspor
Author : Adek Rudi Hidayat
Kategori: Riau - [ 8581 ]


 

PEKANBARU,RAnews.tv - Setiap bulan PT Salmah Arowana Lestari yang beroperasi di Rumbai mengekspor 3.000 ikan dengan harga per ekornya Rp500 ribu. Pada tahun 2017, nilai produksinya mencapai 2.016.450 dolar AS atau berkisar Rp27,5 miliar.

Hal ini terungkap saat Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (KIPM) Pekanbaru melaksanakan kegiatan menggali potensi, peluang dan tantangan pelaku usaha ikan arwana di Riau, Senin (12/3).

Kegiatan menggali potensi, peluang dan tantangan pelaku usaha ikan arwana di Riau yang dilaksanakan di areal PT Salmah Arowana Lestari ini dihadiri Kepala Badan KIPM Dr Ir Rina MSi, GM Bandara Sultan Syarif Kasim II Jaya Tahoma Sirait, Kepala Stasiun KIPM Pekanbaru Eko Sulystianto SPi MSi, Dinas Perikanan, Dinas Pertanian, Direskrim Polda Riau dan lainnya.

Kepala Badan KIPM Dr Ir Rina MSi didampingi Kepala  Stasiun KIPM Pekanbaru Eko Sulystianto SPi MSi menjelaskan, berdasarkan data lalu lintas di SKIPM Pekanbaru terdapat beberapa jenis komoditas perikanan yang sangat dominan baik untuk ekspor mau pun domestik mengingat Provinsi Riau memiliki panjang garis pantai lebih kurang 2.000 kilometer.

Pelaku usaha arwana yang terdata di Stasiun KIPM Pekanbaru ada 9 perusahaan dan baru 3 yang memiliki sertifikat CKIB, 1 dalam proses sertifikat. PT Salmah Arowana Lestari merupakan salah satu perusahaan yang memiliki sertifikat CKIB (untuk ekspor). Jenis arwana yang dominan dilalulintaskan di antaranya golden, golden red, banjar red, green dan super red dengan negara tujuan ekspor Cina, Taiwan dan Thailand. Sedangkan domestik dominan untuk daerah Jakarta, Semarang dan Pontianak.

 


Sumber: Riaupos.co


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)