Selasa, 13 Maret 2018 - 10:10:48 WIB
Hujan Tak Halangi Petani Nanam Sayuran
Author : Adek Rudi Hidayat
Kategori: Riau - [ 7053 ]


PERAWANG,RAnews.tv- Musim penghujan, tidak menjadi kendala bagi sejumlah petani sayur mayur yang ada di Kecamatan Tualang untuk bercocok tanam. Pasalnya, petani memilih tanaman yang sesuai dengan kondisi cuaca saat ini, sehingga kerugian bisa diantisipasi terlebih dahulu.  
 
Hal ini dibuktikan oleh petani Pinang Sebatang Barat, Herman. Herman menyatakan ia menanam jenis sayuran daun lebar seperti bayam dan lainnya dengan hasil yang cukup memuaskan. Saat ini tanaman daun lebar telah siap untuk dipanen yang dipasarkan di sekitar Perawang.
 
Dirinya mengaku menjual sayur bayam dengan harga tolak Rp1.500 seikat dengan jumlah panen  bisa mencapai 700 ikat per hari. Tanamannya ada yang langsung diambil dan dijual di Pasar Perawang.
 
Dengan hanya menjual sayur bayam saja, Herman mengaku bisa mencukupi keperluan keluarganya sehari- hari. Selain itu ia juga menanam tanamam lainnya di kebun.
 
“Hasil panen sayur bayam cukup bagus. Dapat sekitar 700 ikat per hari. Selepas ini kita menanam tanamam yang lainnya. Hasilnya dapat untuk keperluan sehari-hari,” ujarnya.
 
Hal senada juga disampaikan Wanto petani Perawang yang mengaku tanaman miliknya tidak ada kendala, karena ia menyesuaikan jenis sayuran dengan kondisi alam.
 
Menurutnya, sebagai petani harus bisa memahami dan pengetahui kondisi alam dua atau tiga bulan ke depannya, sehingga tidak mengalami kerugian cukup parah.
 
“Saya menanam sistem tumpangsari agar tanaman yang rentan terhadap perubahan alam bisa terlindung.Dan kerugian tidak terlalu besar dialami petani,” ungkapnya.


Sumber: Riaupos.co


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)