Minggu, 11 Maret 2018 - 17:22:13 WIB
Alasan Komunitas Menobatkan Solo Jadi Kota Otomotif
Author : Adek Rudi Hidayat
Kategori: Otomotif - [ 15075 ]


Solo,RAnews.tv - Solo dideklarasikan sebagai kota otomotif oleh sejumlah komunitas otomotif yang tergabung dalam wadah Indonesia Satu. Dipilihnya Solo karena kota kelahiran Presiden Jokowi itu banyak memiliki sejarah dalam perkembangan otomotif di Indonesia.

Pencanangan Solo sebagai kota otomotif dipusatkan di halaman parkir Stadion Manahan Solo, Sabtu, 10 Maret 2018. Acara deklarasi itu diikuti ratusan klub otomotif, baik kendaraan roda empat maupun roda dua.

Acara tersebut diramaikan dengan kehadiran berbagai macam kendaraan bermotor mulai dari yang sudah berusia tua hingga terbaru.

Ketua panitia acara, Herman Jambojay, mengatakan deklarasi Solo sebagai kota otomotif tidak lepas dari sejarah orang yang pertama memiliki mobil di Indonesia adalah berasal dari Solo.

"Beliau adalah Raja Keraton Surakarta, Sinuhun Paku Buwono X yang menjadi pemilik pertama mobil di Indonesia. Yakni, mobil merek Mercedes Benz," kata dia di Solo, Sabtu, 10 Maret 2018.

Selain itu, ditambahkan Herman, pembalap F1 pertama dari Indonesia yang ikut dalam ajang balapan jet darat itu juga berasal dari Solo, Rio Haryanto.

"Achievement tertinggi dalam ajang balapan adalah Rio Haryanto yang ikut balapan F1," ujar Herman yang juga Vice President Indonesia Satu.

Bahkan, ia pun mengungkapkan crosser lawas andalan nasional berasal dari Solo, Donny Orlando. Tak hanya itu, pembalap kondang road race Dicky Setiawan juga berasal dari kota Bengawan.

"Solo melahirkan atlep balap tingkat nasional dan dunia. Sedangkan, sekarang juga lahir pembalap muda Formula 4 yang kakak adik dari Solo, Keanon Santoso dan Kezia Santoso," sebutnya.

Sementara itu, Presiden Komunitas Indonesia Bersatu, Heru S Notonegoro mengatakan keberadaan Indonesia Satu tidak ingin untuk menyaingi keberadaan organisasi maupun klub otomotif di manapun. Komunitas ini ada untuk menghibur dan menjadi payung besar untuk menaungi para pecinta otomotif.

"Kita mengajak semua komunitas otomotif baik roda dua maupun roda empat untuk bergabung di Indonesia Satu. Filosofi kita adalah membina persaudaraan, membina kebersamaan dan membina persatuan," ucapnya.

Pencanangan Solo dihadiri oleh ratusan hingga ribuan pecinta otomotif dari berbagai daerah di wilayah Surakarta."Saya kira Solo menjadi yang pertama berani mendeklarasikan sebagai kota otomotif," kata dia.


Sumber: liputan6.com


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)